Rabu, 28 Juli 2010

FIA Confrence Week 2010, Italia IMI Tindaklanjuti Road Safety Campaign

OTOMOTIFNET - Ketua bidang organisasi PP IMI, Donny B. Prihandana mengikuti FIA Conference Week 2010 dilangsungkan di Lake Como, Italia, 17-21 Juli lalu. Donny yang urung didampingi Ari Batubara selaku ketua PP IMI, hadir bersama 379 delegasi dari 95 negara penting di bidang wisata dan mobilitas.

Konferensi dibuka Jean Todt (presiden FIA), juga dihadiri Nick Craw (presiden FIA Senate), Carlos Maya (chairman FIA Foundation) serta Graham Stoker (deputy president FIA for sport).

"Konferensi 5 hari itu meliputi persidangan seluruh komisi yang ada di bawah FIA Mobility (7 komisi) yang diawali forum diskusi mengenai kebijakan FIA Foundation dan diakhiri persidangan dari FIA World Council for Tourism dan Mobility," kata Donny.

Beberapa hal penting dari konferensi ini yakni keterlibatan secara proaktif dari FIA Mobility terhadap berbagai kebijakan publik secara global, seperti mendukung Decade on Road Safety 2011-2020 yang merupakan deklarasi PBB guna menekan korban kecelakaan di jalan hingga 50 persen. Kedua, program 50 by 50 Global Fuel Economy Initiative yang merupakan upaya global FIA mengurangi pemakaian bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor lebih efisien 50 persen sampai 2050.

Lalu, ketiga, upaya membangun network lebih efektif dari seluruh anggota FIA secara sinergis mengembangkan bidang wisata dan mobilitas kendaraan bermotor. Keempat, mengembangkan hubungan kerja dengan antara sport dan wisata serta bersama-sama mendukung progran global bidang kemasyarakatan berhubungan dengan kendaraan bermotor.

Pada kesempatan itu juga dipamerkan beberapa kendaraan kompetisi yang turun dalam FIA Alternative Enercy Cup 2010 sebagai bagian keterlibatan bidang motorsport dalam upaya 50 by 50 Global Fuel Economy Initiative.

Beberapa yang akan segera ditindak­lanjuti PP IMI yakni meningkatkan upaya keterlibatan IMI dalam kebijakan publik khususnya peningkatan keselamatan di Jalan. "Akan segera dilaksanakan dalam bentuk Road Safety Campaign bersamaan Jambore IMI 2010, Juli depan. Meningkatkan kerjasama internasional dalam pengembangan SDM, dimulai program kerjasama IMI -JAF (Jepang) untuk trainning trainner dalam safety riding dan driving, Oktober 2010," lanjut Donny.

Juga meningkatkan kerjasama de­ngan pemerintah di bidang keselamatan infrastruktur jalan dengan memanfaatkan peluang pendanaan melalui bantuan luar negeri dalam bentuk grant (hibah) melalui FIA-iRap (International Road Assesement Program).

Konferensi serupa tahun depan dilangsungkan di Malaysia, April-Mei 2011.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar